headerphoto

Hasil Lomba Menulis dan Sosialisasi Internet Sehat dan Aman Bagi Pelajar

Senin, 26 November 2012 00:04:40 - oleh : kristopo

Jakarta, 19 Npoember 2012 - Pertumbuhan pesat industri media masa elektronik dan cetak membuka peluang besar terciptanya lapangan pekerjaan baru, khususnya bagi jurnalis atau pewarta. Profesi jurnalis telah menjadi sebuah pekerjaan yang banyak diminati kawula muda. Namun, untuk menjadi jurnalis yang mumpuni dibutuhkan keahlian menulis dengan baik dan benar. Mengingat tugasnya menyampaikan informasi secara akurat kepada masyarakat.


Kecintaan menulis dan membaca wajib diperkenalkan sejak usia dini. Menyadari pentingnya kecintaan dan pengenalan menulis sejak usia dini, Festival Budaya Anak Bangsa  (FBA) 2012 mengajak siswa-siswi SMP dan SMA mengikuti lomba menulis dan buletin sekolah. Lomba ini mendapat sambutan yang luar biasa. Terbukti lomba menulis ini diikuti ratusan peserta dari sekolah-sekolah di Jakartadan beberapa daerah lainnya, seperti Ambon, Brastagi (Sumatera Utara), Entikong (Kalimantan Barat), Manado dan Papua.


Selain menyelenggarakan lomba menulis bertema "Indonesia Rumahku " dan buletin sekolah, panitia FBA 2012 juga menggelar workshop untuk siswa-siswi SMP dan SMA serta guru yang bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi, Informasi dan Telematika (Kominfo).  Workshop yang berlangsung di pangggung lobi Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta, diikuti 50 peserta dari sekolah di Jakarta.


Tema dari workshop ini adalah "Solusi Internet Sehat dan Aman". Pembicara pada workshop ini antara lain, wartawan senior infobanknews.com, Kristopo, penulis buku, Tuti Gunawan dan perwakilan dari Kominfo, Mariam Barata. Para pembicara sepakat mengingatkan bahwa menulis itu sangat positif bagi remaja dan menjadi media ekspresi selama yang ditulis itu positif dan memberikan manfaat bagi masyarakat.


Tuti menyatakan bahwa silahkan menulis apa saja, tetapi akan lebih baik menulis sesuai dengan apa yang disukai. Selain mengadakan workshop, FBA hari ke-4 tetap menampilkan seni budaya khas Indonesia, misalnya tarian tradisional.  Saat yang ditunggu dari siswa-siswi SMP dan SMA adalah pengumuman lomba tulisan dan buletin. Setelah melalui proses penjurian yang sulit akhirnya terpilih tiga pemenag lomba menulis tingkat SMP, yaitu juara pertama diraih siswa MTSN Batu Merah Ambon, juara kedua diraih siswa SMPN 1 Jakarta Pusat dan juara ketiga diraih siswa SMPN 68 Jakarta.


Sementara itu, untuk lomba menulis tingkat SMA juara pertama diraih siswa SMK YLB Entikong, Kalimantan Barat, posisi kedua diraih siswa Madrasah Aliyah KMI Diniyah Puteri Padang Panjang (Sumatera Barat) dan juara ketiga diraih siswa SMA Malahayati.


Untuk lomba buletin sekolah tingkat SMP juara pertama SMA 30 Jakarta,  juara kedua diraih SMPN 258 Jakarta dan posisi ketiga diraih SMPN 1 Jakarta. Untuk tingkat SMA posisi pertama diraih SMA 39 Jakarta, posisi kedua diduduki SMKN 22 dan juara ketiga diraih SMAN 8 Jakarta.


Para pemenang lomba menulis tingkat SMP dan SMA untuk juara pertama mendapatkan uang tunai, piala dan ponsel, juara kedua dan ketiga memperoleh uang tunai, piala dan piagam. sedangkan lomba buletin sekolah tingkat SMP dan SMA pemenang pertama mendapatkan  uang tunai, piala, piagam, neetbook, juara kedua dan ketiga mendapatkan apresiasi uang tunai, piala dan piagam.


Semoga pengalaman peserta lomba menulis dan buletin ini akan menambah motivasi siswa-siswi SMP dan SMA untuk terus berkarya melalui tulisan serta mencintai budaya Indonesia.

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Artikel" Lainnya

Polling

Apakah website ini memberi informasi mengenai Kegiatan nya

 

Login


Username
Password

Register
Forgot Password

Pesan Singkat

Support

Mekarpribadi
Status YM
Admin
Status YM

Advertisement