headerphoto

Mengajak Anak Indonesia Cinta Budaya Nasional

Senin, 26 November 2012 00:10:24 - oleh : kristopo

          Jakarta, 20 Nopember 2012 - Setelah berlangsung sejak 16 Nopember 2012, Festival Budaya Anak Bangsa (FBA) 2012 resmi berakhir pada 20 Nopember 2012. Acara penutupan yang dipusatkan di Auditorium Teater Kecil Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta ini disemarakkan dengan penampilan paduan suara Tidak Muda Tidak Tua (TimuTiwa). TimuTiwa sudah beberapa kali memenangkan lomba paduan suara di mancanegara.


Selain itu, tampil juga tarian tradisional yang dibawakan oleh anak-anak sekolah dasar dan pemberian hadiah berbagai lomba yang telah dilaksanakan selama FBA 2012 berlangsung. FBA 2012 telah mempersembahkan beragam kegiatan seni budaya nasional yang tidak hanya melibatkan anak-anak tetapi juga remaja dan orang tua yang peduli dan mencintai seni budaya Indonesia.


Pada 19 Nopember 2012 panitia FBA 2012 telah mengadakan workshop mengenai internet sehat dan aman bagi siswa-siswi SMP dan SMA yang bekerjasama dengan Kementerian Informasi dan Telekomunikasi (Kominfo). Workshop tersebut membahas dan mengajak remaja untuk berani menulis sebagai ungkapan ekspresi jiwa mereka selama yang ditulis itu bermanfaat dan bernilai positif bagi masyarakat.


FBA 2012 juga mengadakan lomba menulis bagi siswa-siswi SMP dan SMA se-Indonesia bertema "Indonesia Rumahku" dan lomba pembuatan buletin sekolah untuk siswa-siswi SMP dan SMA se- Jakarta. Tema lomba bulletin sekolah tersebut adaah "Jakarta di Mataku. Yang membanggakan, FBA ke-4 ini telah masuk menjadi kalender rutin kegiatan seni budaya TIM, sehingga pada tahun- tahun berikutnya FBA akan memperkaya agenda kegiatan seni budaya yang dilaksanakan TIM. Dalam pidato penutupan FBA 2012, Ketua Pelaksana FBA 2012, Oetari Noor Permadi menyatakan "Harapan kami sebagai warga masyarakat yang peduli terhadap peduli terhadap pendidikan karakter generasi muda melalui budaya akan terus memperluas dan memperkuat jaringan untuk turut memberikan kesempatan seluad-luasnya bagi anak dan remaja tampil di FBA, TIM.


Harapan panitia, khususnya dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wakil Menteri Kebudayaan, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Kepala-kepala Dinas Pendidikan dan Dinas Pariwisata  dan Ekonomi Kreatif bersedia memberikan dukungan baik kebijakan dan partisipasinya supaya FBA menjadi kegiatan yang bersinergi dengan kegiatan yang telah menjadi agenda resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kemenetrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.


Selama lima hari penyelenggaraan FBA 2012, acara ini dikunjungi 2.800 anak-anak. Semoga dengan dukungan semua pihak FBA menjadi jembatan membentuk karakter anak-anak dan remaja Indonesia yang berbudaya sesuai norma ketimuran dan budaya Indonesia semakin dihargai.

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Artikel" Lainnya

Polling

Apakah website ini memberi informasi mengenai Kegiatan nya

 

Login


Username
Password

Register
Forgot Password

Pesan Singkat

Support

Mekarpribadi
Status YM
Admin
Status YM

Advertisement